Wednesday, December 7, 2011

Begadang Membuat Kita Mudah Mimpi Buruk


Begadang jangan begadang kalo tiada artinya,,, begitulah alunan lagunya roma irama,, hehe, tapi jangan dianggap sepele, lagu itu benar lo, karena begadang selain membuat ketahan tubuh kita berkurang, begadang juga membuat kita mendapat mimpi buruk.

Dalam sekali sebulan, orang dewasa mengalami mimpi buruk. Efek Mimpi buruk bisa membuat kita tiba-tiba terbangun, merasa pusing, lelah dan tidur jadi tidak bermutu, Begadang dan stres juga mudah terbawa hingga malam dan muncul dalam bentuk mimpi buruk.

"Mimpi buruk adalah mimpi yang bersifat disfungsional," kata Dr. Sylvia D. Elvira, Sp.KJ(K), spesialis kesehatan jiwa dari RS Sahid Sahirman, Jakarta.

Saat kita berusaha menenangkan perasaan dan meredakan emosi negatif, otak memprosesnya. Dan proses itu justru muncul saat kita tidur lewat mimpi buruk. "Jika Anda mengalami kecelakaan mobil misalnya, Anda mungkin tidak dapat segera mengatasi rasa trauma dan emosi negatif yang muncul. Mimpi buruk pun akan mudah muncul," katanya.

Tapi Mimpi buruk juga bermanfaat, karena menurutnya adalah tangisan dalam bentuk lain. Terkadang mimpi buruk bisa membantu seseorang mencari solusi mengatasi masalah dan trauma. Namun, jika mimpi buruk tidak hilang, dan terus mengalami mimpi buruk pergilah ke Psikiater terdekat. :)

jadi bagi anda yang suka begadang, usahakanlah menghilangkan kebiasaan tersebut, karena hanya merugikan diri kita sendiri. (hal ini juga berlaku bagi admin Tersebarkan karena selalu begadang,, hehe)

sumber: kompas.com

0 comments:

Post a Comment